UPT. PENGEMBANGAN BAHASA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

UPT PB IAIN Kendari Turut Serta Berkordinasi dalam Rapat Program CAMABA Timur Tengah 2023

Seperti tahun-tahun sebelumnya Kementerian Agama pada Tahun ini kembali membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang perkuliahan (strata S1) di Timur Tengah dengan full beasiswa. Melalui kerjasama antara Kementerian Agama dan Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko, maka dibuka seleksi beasiswa bagi calon mahasiswa putra putri Indonesia dengan total ada 30 kuota beasiswa tahun ini untuk para mahasiswa yang ingin kuliah di Maroko.

UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari turut andil dalam rapat Program CAMABA Timur tengah yang dilaksanakan di Tangerang Selatan mulai tanggal 11 – 13 Mei 2023 sebagai salah satu perwakilan anggota Konsorsium Pusat Bahasa (KPB) se PTKIN. Rapat tersebut meminta rekomendasi Konsorsium Pusat Bahasa (KPB) untuk menyusun Pedoman / petunjuk teknis mengenai proses seleksinya dan juga lokasi tempat selesai camaba tersebut. Hasilnya ada 15 yang terpilih dari hasil rapat tersebut yang dianggap mewakili wilayah Indonesia secara keseluruhan yaitu :

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
4. UIN Alauddin Makassar
5. UIN Sumatera Utara Medan
6. UIN Ar Raniri Banda Aceh
7. UIN Antasari Banjarmasin
8. UIN Sunan Ampel Surabaya
9. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
10. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
11. UIN Mataram
12. UIN Imam Bonjol Padang
13. UIN Raden Intan Lampung
14. UIN Walisongo Semarang
15. UIN Sulthan Thaha Saefuddin Jambi.

UIN Alauddin Makassar dianggap sangat representatif untuk dapat mewakili wilayah sulawesi tenggara karena dapat ditempuh dengan jarak yang tidak terlalu jauh.