UPT. PENGEMBANGAN BAHASA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Kegiatan Pelatihan Dasar WordPress IAIN Kendari 2021

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai pada hari Jumat s./d. Minggu, 1- 3 Oktober 2021 di Hotel Plaza Inn Kendari, Jln. Antero Hamra No.57 – 59, Bende, Kec. Kadia, Kota Kendari. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah binti Awad; Warek II IAIN Kendari, Prof. Dr. Batmang, S.Ag, M.Pd; Kepala Biro AUAK IAIN Kendari, Dr. Basman, M.Ag; dan Kepala Unit TIPD IAIN Kendari, Ibrahim Iskandar, SE.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit TIPD IAIN Kendari ini sendiri melibatkan 41 peserta yang merupakan pengelola-pengelola website di Fakultas hingga unit-unit yang ada di IAIN Kendari. Sedangkan untuk presentasi materi, Muhammad Hatta, ST yang merupakan IT Support, Web Developer, dan Penanggung Jawab Media Sosial Zonasultra.com; memberikan teori mengenai Pengenalan WordPress. Selain itu, pemateri juga memberikan pelatihan melalui praktikum Penginstallan dan Pengelolaan WordPress kepada semua peserta agar bisa memahami secara komprehensif termasuk spesifikasi PC yang seharusnya digunakan oleh para pengelola website agar kinerja yang ditunjukkan bisa memberikan hasil maksimal dan memuaskan.

Selanjutnya, kegiatan ini diikuti oleh para partisipan dengan antusias yang disertai interaksi interaktif – dialogis partisipatif di antara peserta dan pemateri yang ditunjukkan dengan kepuasan para peserta atas pencapaian selama mengikuti kegiatan ini. Apalagi para partisipan mengharapkan TIPD IAIN Kendari bisa melanjutkan kegiatan pelatihan ini termasuk pembaruan fasilitas dan spesifikasi peralatan yang digunakan dalam pengelolan website. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa ini semua akan berimbas secara kepada pengelola website agar lebih progresif dalam pengelolaan website yang akan mendukung progresivitas kampus di mata masyarakat dan di mata civitas akademik.

Acara kegiatan pelatihan ini kemudian ditutup secara resmi oleh Rektor IAIN Kendari, Warek II IAIN Kendari, Kepala Biro AUAK IAIN Kendari, dan Kepala Unit TIPD IAIN Kendari yang disertai apresiasi dan harapan kepada pemateri dan peserta Kegiatan Pelatihan Dasar WordPress untuk lebih progresif dalam menerapkan dan mengembangkan hasil yang diperoleh selama pelatihan berlangsung untuk peningkatan nilai dan daya saing kampus IAIN Kendari ke depannya.