UPT. PENGEMBANGAN BAHASA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Benchmarking dan Pembahasan Kerjasama UPT PB IAIN Kendari dan Prodi PBI FKIP-Unilaki

Sesuai agenda benchmarking rutin tahunan yang telah direncanakan oleh UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari sebelumnya, UPT PB berusaha merealisasikan program kerja, pengembangan sumber daya manusia, dan interpersonal partisipan UPT PB melalui silahturahmi kunjungan kerja yang terlaksana pada hari Selasa, 9 November 2021 di salah satu perguruan tinggi di wilayah Sulawesi Tenggara yakni Universitas Lakidende yang berlokasi di JL. Sultan Hasanuddin, No. 234, Kel. Lalosabila, Kec. Wawotobi, Kab. Konawe. Kunjungan tersebut terealisasi secara efektif dengan sambutan langsung dari pihak Unilaki setelah sebelumnya UPT PB IAIN Kendari membangun komunikasi intensif dan melihat probabilitas variabel yang dapat dijadikan sebagai domain kerja yang akan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari yang dipimpin oleh Dr. H. Ahmad, Lc., M.HI, didampingi oleh para pengelola data UPT PB disambut oleh Dekan FKIP Unilaki, Anas, S.Ag, M.Pd dan Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris – FKIP Unilaki, Iin Wahyudi, S.Pd, M.Pd

Dalam kesempatan ini, rombongan UPT PB yang dipimpin oleh Dr. H. Ahmad, Lc., M.HI disambut oleh Wakil Rektor I Dr. Melati, SE., M.SI; Dekan FKIP Unilaki, Anas, S.Ag, M.Pd; dan Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris – FKIP Unilaki, Iin Wahyudi, S.Pd, M.Pd beserta para dosen FKIP lainnya. Dalam pembahasan isi kerjasama dan isu relevan yang terkait dengan program kerja, UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari kepada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-Unilaki, kedua belah pihak saling bertukar pikiran mengenai hal-hal apa saja yang menjadi isu prioritas yang memiliki urgensi dan korelasi dalam pengembangan bahasa dan kependidikan yang bisa mendukung pengembangan dan keterisian slot kebutuhan akreditasi.

Pembahasan isu kerjasama yang dapat dilaksanakan oleh kedua pihak
Tukar pikiran mengenai variabel PKS yang menunjang kebutuhan akreditasi

Hal-hal yang menjadi isu prioritas berkutat pada pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang harus dan banyak melibatkan mahasiswa sebagai partisipan pendukung yakni dalam domain riset serta pengabdian kepada masyarakat. UPT PBI IAIN Kendari dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-Unilaki melihat Perjanjian Kerjasama sebagai media aktualisasi pengembangan SDM dan hubungan interpersonal kedua institusi yang harus dilaksanakan bersama-sama dan memberikan efek progresif bagi para dosen dan mahasiswa agar implikasi positif dalam riset dan PKM sesuai kebutuhan akreditasi dan target BKD dapat terpenuhi.

Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama di antara UPT PB dan Prodi PBI FKIP-Unilaki

Lebih dari itu, Dekan FKIP mengharapkan ke depannya agar PKS ini tidak parsial dan temporal yang hanya ada pada domain antara UPT PB dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-Unilaki saja, tetapi bisa berinfiltrasi adaptif kepada fakultas dan program studi lainnya di Unilaki yang aktualisasinya memberikan perpaduan kognisi dan disiplin ilmu lainnya. Di akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat akan menjalin komunikasi korespondensi formal lebih intens dan bekerjasama untuk melibatkan para mahasiswa serta dosen dalam pelaksanaan kegiatan akademik engembangan bahasa dan kependidikan yang bisa mendukung pengembangan dan keterisian slot kebutuhan akreditasi.