UPT. PENGEMBANGAN BAHASA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

UPT Pengembangan Bahasa IAIN Kendari Kembali Menghadiri KPB, Kali ini Bertempat di Kalimantan Timur, Ibu Kota Negara (IKN)

Konsorsium Pusat Bahasa (KPB) kembali mengundang PTKIN seluruh Indonesia dengan agenda RAKER atau rapat kerja dirangkai dengan evaluasi kegiatan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2 dan S3, serta Language and Academic Preparation Program (LAPP). Rapat kerja ini dihadiri oleh lebih dari 28 kepala pusat bahasa dari UIN dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Makassar, Aceh, Padang, Sorong, dan wilayah lainnya, termasuk IAIN Kendari.

Rapat Kerja kali berlangsung dari tanggal 30 April hingga 3 Mei 2024 yang dilaksanakan di Kalimantan Timur lebih tepatnya di Kota Samarinda bertempat di Hotel Bumi Senyiur Samarinda dan juga Tuan Rumah Pusat Bahasa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Selain Raker dan evaluasi PPSL dan LAPP peserta KPB juga berkesempatan menyaksikan langsung Ibu Kota Negara (IKN) yang juga bertempat tidak jauh dari kota Samarinda.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor UINSI Samarinda, Prof. Dr. Zarqoni, M.Ag, yang dalam sambutannya juga menegaskan pentingnya pengembangan bahasa dalam konteks internasionalisasi PTKI.

“Kita harus memperkuat kemampuan bahasa mahasiswa untuk mendukung berbagai program pertukaran pelajar internasional, yang tidak hanya menguntungkan dalam jangka pendek tetapi juga berpotensi membawa dampak positif jangka panjang bagi kemajuan PTKI,” ujar Prof. Dr. Zarqoni.

Hasil dari kegiatan ini KPB PTKI juga berencana untuk mereview hasil program kerja tahun 2023 dan akan membahas rencana kerja terbaru untuk tahun 2024. Termasuk penyusunan Rencana Tindak Lanjut yang akan menjamin kelanjutan dan peningkatan program-program strategis ke depan.