UPT. PENGEMBANGAN BAHASA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

UPT PB dan UKM Bahasa IAIN Kendari berkolaborasi dalam PKM di Bombana

Kurang lebih selama lima hari Kepala UPT Pengembangan Bahasa beserta staf berkolaborasi dengan 7 Mahasiswa dari UKM Bahasa IAIN Kendari melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Learning Class (LC) di Kabupaten Bombana.

Kegiatan PKM ini adalah kegitan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh UPT PB dan UKM Bahasa IAIN Kendari. Tahun ini Kabupaten Bombana menjadi lokasi PKM berikutnya yang bertempat di Pondok Pesantren Ibnul Amin Tampabulu yang dipimpin oleh Ustadz Abdullah Syamsuddin, M.Pd.

Kegiatan PkM ini dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 12 – 16 agustus 2023 dengan tema “Santri Moderat Cakap Berbahasa Asing” . Kegiatan PkM berlangsung disambut semangat antusias adik-adik Santri Ibnul Amin karena menurut mereka ini adalah Pkm yang pertamakali dilakukan terkait dengan pengembangan bahasa asing.

Sejak hari pertama tiba, UPT Pengembangan Bahasa bersama Tim UKM Bahasa disambut hangat oleh pimpinan Ponpoes Ibnul Amin, pembukaan, perkenalan dan pembagian kelas merupakan agenda pertama. beberapa hari berikutnya proses mengajar klasikal dilakukan mulai dari pagi hari hingga sore hari yang dibagi menjadi dua kelas dengan total keseluruhan 50 santri. pada jam Malam diisi dengan pengajian yang memberikan motivasi dan pengetahuan agama yang diselingi tentang pentingnya Moderasi dalam beragama bagi santri-santri. Hingga hari terakhir ditutup dengan pemberian hadiah dan sertifikat serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) Antara UPT Pengembangan Bahasa dan Ponpos Ibnu Amin.

Berikut beberapa dokumentasi selama di Ponpes Ibnul Amin

https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/config/https://www.rsudsyamsudin.co.id/gacor/https://library.iainkediri.ac.id/https://newepaper.jawapos.co.id/thumbnail/dist/https://kantorbahasabengkulu.kemdikbud.go.id/wp-includes/site/https://eproc.jawapos.co.id/adminlte/plugins/site/https://prakerja.nusatalent.com/file/https://rskiasawojajar.co.id/https://pria.org/