UPT. PENGEMBANGAN BAHASA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

UPT Pengembangan Bahasa dari Survei PKM di Kolaka hingga FGD di Lampung

Program kegiatan UPT Pengembangan Bahasa lingkup Tahun 2022 berangsur-angsur telah terealisasikan dari beberapa program yang telah disusun pada tahun sebelumnya. Setelah sukses dengan Program TOEFIC-TOAFIC tahap I Bulan April lalu, Pada bulan Juni ini direncanakan agar program Pengabdian kepada Masyarakat Language Center (PkM-LC) : Mahasiswa Mengajar oleh UPT PB dan UKM Bahasa IAIN Kendari dapat terealisasikan dengan baik.

Survei Pada PPTQ Nur Syam Zam Wundulako

Tahun ini sasaran daripada PkM-LC ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu pada peserta didik sekolah umum di daerah Soropia. Pada tahun ini sasarannya adalah santri-santriwati pada 3 Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) di Kabupaten kolaka, yaitu PPTQ Baiturrahim, Mir’atul Mujahid dan Nur Syam Zam.

Survei pada PPTQ Baiturrahim

Pada tanggal 7-8 Juni 2022 UPT PB melakukan survei lokasi pada ketiga PPTQ di atas dengan mengutus Staf UPT-PB yakni Ust. Nasruddin S dan Ust. Munadi Idris, Alhamdulillah pada survei tersebut telah terjadi kesepakan bahwa pada tanggal 20-22 UPT PD dan UKM Bahasa IAIN Kendari akan turun ke Lokasi dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat PKM-LC : Mahasiswa mengajar, dalam hal ini mengajar bahasa Inggris dan Arab.

survei pada PPTQ Mir’atul Mujahid Kamp. Bajo

Direncanakan tim yang akan berangkat sebanyak 10 orang dengan rincian 4 orang dari kalangan Dosen UPT-PB dan 6 orang dari kalangan mahasiswa/wi UKM Bahasa IAIN Kendari. PKM-LC ini akan dilaksanakan 1 hari pada setiap PPTQ tersebut.

Ust. Dr. Ahmad, Lc., M.H.I Menghadiri FGD Moderasi Beragama

Dikesempatan lain Kepala UPT-PB dalam hal ini Ust. Dr. Ahamad Lc, M.H.I ditugaskan untuk mewakili Rektor IAIN Kendari pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum Rektor PTKN plus peneguhan moderasi beragama melalui sinergi lawan radikalisme dan terorisme.

Dr. Ahmad LC, MHI turun andil dalam diskusi FGD Moderasi beragama..

FGD ini dihadiri oleh rektor-rektor dari seluruh Indonesia yang bertempat pada IAIN Metro Lampung. FGD ini juga dihadiri oleh pejabat dan Habib seperti Menteri Agama Bapak Yaqut Cholil Qaumas dan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya (Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia).