UPT. PENGEMBANGAN BAHASA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Benchmarking UPT Bahasa: Road-Air Trip, Observing, Sharing, and Building Relationship

Sebagai upaya peningkatan SDM dan komparasi untuk mengevaluasi kinerja dalam 1 tahun terakhir, UPT PB IAIN Kendari melakukan benchmarking di beberapa kampus di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara dalam kurun waktu 7 hari perjalanan atau 5 hari masa kerja sejak Minggu, 12 Desember 2021 hingga Sabtu, 18 Desember 2021. Lokasi yang menjadi tujuan kegiatan ini adalah Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH) dan Ma’had Al-Birr, Universitas Negeri Makassar (UNM), IAIN Bone, dan Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka. Rombongan UPT PB IAIN Kendari ini dipimpin oleh Dr. H. Ahmad, Lc., M.HI; yang diikuti oleh Dr. Fahmi Gunawan, S.S., M.Hum, Editor-in-Chief Jurnal Langkawi; Ilfan Askul Pehala, M.Hum.; Adzil Arsyi Sabana, SE., ME.; dan Nasruddin S., SH., MH. Perjalanan benchmarking ditempuh melalui jalur udara dan darat dengan melewati beberapa wilayah dengan rute perjalanan yakni Kendari-Makassar, Makassar – Bone, dan Kendari – Kolaka.

Dalam kunjungan hari pertama pada 13 Desember 2021, UPT Bahasa IAIN Kendari melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH), Ma’had Al-Birr, dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Untuk Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH) dan Ma’had Al-Birr, UPT PB IAIN Kendari disambut secara langsung di ruang Rektorat Lantai 17 oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. H. Abd. Rakhim Nanda; Wakil Rektor IV, Drs. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I,; Direktur Ma’had Al- Birr, H. Lukman Abdul Shomad, Lc.; dan Sekretaris Ma’had Al- Birr, Dr. H. Ali Bakri; serta Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan Internasional (LPBKUI), Maharida, S.Pd, M.Pd. Selain itu, UPT PB juga disambut oleh Dekan FAI (Fakultas Agama Islam) Unismuh Makassar, Dr. Amirah Mawardi, S.Ag, M.Si di ruang Dekan FAI. Selama proses silaturahim dalam ruangan Rektorat hingga ke FIA Unismuh, UPT PB IAIN Kendari dan LPBKUI saling berbagi pengalaman, indikator pencapaian kinerja yang telah digapai hingga membahas progres pengelolaan jurnal yang menjadi nilai plus dari kampus masing-masing.

Selain mendapatkan sambutan dari para Warek hingga Dekan FIA, UPT PB juga mendapatkan kesempatan untuk langsung melihat pengelolaan Ma’had Al-Birr dan proses kuliah di dalamnya. Observasi yang dilakukan memberikan informasi tambahan mengenai program akademik dan rencana kerjasama berkaitan Pengembangan Akademik Bahasa utamanya dalam Bahasa Arab yang dapat dilaksanakan oleh UPT PB IAIN Kendari dengan Unismuh – Ma’had Al-Birr yang mesti dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.

Setelah melaksanakan kunjungan ke Unismuh – Ma’had Al-Birr, rombongan benchmarking UPT PB IAIN Kendari berlanjut ke UPT Pusat Bahasa Universitas Negeri Makassar (UNM) di Lantai 4 Menara Phinisi. Kunjungan ini disambut oleh Kepala UPT PB UNM, Iskandar, S.Pd., M.Ed., Ph.D beserta staf. Dalam kunjungan ini, Kepala UPT PB UNM berbagi banyak informasi mengenai program-program apa saja yang telah dilakukan dan akan dilakukan oleh mereka suatu saat nanti.

Selain itu, UPT PB UNM juga memberikan saran mengenai apa saja yang dapat dilakukan untuk program kerja yang dapat dilakukan secara kontinu termasuk lobby-lobby yang harus dilakukan oleh UPT PB dalam peningkatan kognisi kebahasaan dalam domain akademik. Selanjutnya, UPT PB IAIN Kendari juga membahas konseptual jurnal ilmiah yang ada dalam naungan UPT PB dan progres yang mereka capai serta apa yang dapat dilakukan ke depannya.

Selanjutnya pada hari Rabu, 15 Desember 2021 rombongan UPT PB IAIN Kendari melakukan kunjungan silaturahim ke Unit Bahasa IAIN Bone. Rombongan ini disambut langsung oleh Kepala Unit Bahasa IAIN Bone, Ilyas S.Pd, M.Pd beserta staf di Sekretariat Unit Bahasa IAIN Bone. Dalam kunjungan ini, rombongan UPT PB IAIN Kendari dan Unit Bahasa IAIN Bone banyak membahas program kerja yang telah dilakukan oleh masing-masing UPT PB. Selain mengevaluasi progres masing-masing, Kepala Unit Bahasa juga berbagi pengalaman dan proses mencapai capaian kinerja yang diharapkan bisa berdampak langsung kepada mahasiswa. Di akhir kunjungan, Unit Bahasa IAIN Bone dan UPT PB IAIN Kendari berbagi cindera mata dan menandatangani PKS kedua belah pihak yang diharapkan nanti dapat dilanjutkan dalam tindak lanjut kinerja.

Perjalanan kunjungan UPT PB IAIN Kendari ke Unit-unit Bahasa lainnya yang ada di beberapa kampus tujuan akhirnya berakhir pada Jumat, 17 Desember 2018. Kegiatan ini ditutup dengan melakukan kunjungan kerja dan menjalin silaturahim ke UPT Bahasa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka. Pada kunjungan ini, rombongan UPT PB IAIN Kendari disambut oleh La Ode Muh. Idrus H., S.Pd., M.Pd. dan jajaran UPT Bahasa USN Kolaka mewakili Kepala UPT Bahasa USN Kolaka, Rais Abin, S.Pd., M.Pd. yang berhalangan hadir. Selain itu, UPT PB IAIN Kendari juga diajak oleh jajaran UPT Bahasa USN Kolaka bersilaturahim dengan Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari, S.STP.,M.Si. di Gedung Rektorat. Selanjutnya, dalam kunjungan ini kedua belah pihak banyak membahas program-program apa saja yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan oleh UPT Bahasa di masing-masing kampus. UPT PB IAIN Kendari juga membahas konseptual jurnal ilmiah yang ada dalam naungan UPT PB IAIN Kendari yakni Jurnal Langkawi yang sejauh ini mendapatkan Akreditas Sinta 2 serta mengajak partisipasi dosen-dosen UPT Bahasa USN Kolaka memasukkan tulisan mereka ke jurnal Langkawi. Selanjutnya, kedua belah pihak juga mengharapkan ke depannya kolaborasi Tridharma Perguruan Tinggi kedua civitas akademika melalui PKS yang dapat dilanjutkan dalam tindak lanjut kinerja rekognisi stimulatif dalam peningkatan kualitas SDM dan akademik dalam domain bahasa dan kebahasaan.